Minumlah Secukupnya Ketika Berolah Raga


Hidrasi  atau mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik yang sehat, maupun yang sedang menjalani perawatan medis seperti pengobatan kanker. Hidrasi pun sangat baik bagi kesehatan dalam jangka waktu panjang. 

Kekuatan Air

Orang dewasa terdiri atas 60% air dan tiap sel dalam tubuh kita sangat bergantung pada keseimbangan jumlah air agar dapat bekerja dengan baik. Air sangat penting untuk:
  1. Jalan bagi nutrisi dan oksigen masuk ke dalam sel
  2. Reaksi kimia yang memberi tenaga pada sel
  3. Melarutkan dan membuang sampah dari sel

Hidrasi Itu Penting

Air penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan efek pada tubuh, seperti:
  • Kekurangan air sebanyak lebih dari 1% berat tubuh akan mengurangi vitalitas Anda.
  • Performa Anda dalam melakukan olahraga bola voli akan berkurang bila dehidrasi.
  • Untuk setiap 1% dari berat badan yang hilang akibat dehidrasi, detak jantung kita akan meningkat hingga 5 detakan per menit. Hal ini terjadi karena dehidrasi mengharuskan jantung untuk bekerja lebih keras lagi untuk mengalirkan darah.
  • Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan minum air akan memicu terjadinya kepala pusing dan migren.
  • Rasa haus bukanlah indikator dehidrasi yang baik saat sedang berolahraga. Para ahli menyarankan untuk menyeimbangkan jumlah air yang masuk dengan keringat yang dikeluarkan. Secara rata-rata Anda harus minum 100 ml air untuk setiap 15 menit latihan, namun ini bergantung pada intensitas dan beratnya latihan.

Hidrasi yang baik akan memberikan keuntungan langsung. Faktanya memang banyak olahragawan yang kurang minum untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tetaplah Dingin

Performa fisik yang prima membutuhkan manajemen cairan tubuh yang bagus. Tubuh Anda menggunakan dan kehilangan air tiap detik – bahkan saat bernapas sekalipun. Saat berolahraga, Anda akan menjadi “panas” dan temperatur tubuh akan semakin naik jika Anda dehidrasi. Jantung Anda akan berdebar lebih kencang untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit di mana kelenjar keringat akan mengeluarkan air untuk mendinginkan tubuh.

Ketika Anda melakukan latihan, terutama pada cuaca panas, tubuh Anda dapat mengucurkan keringat berliter-liter dalam waktu singkat. Penelitian menunjukkan bahwa pemain tenis dapat kehilangan 2,5 liter air per jamnya.

Pastikan Anda minum air sebanyak apa yang Anda keluarkan.

Apakah Air Saja Cukup?

Untuk aktivitas fisik selama satu jam, yang Anda butuhkan untuk hidrasi hanyalah mengganti cairan yang hilang dengan minum air. Hal ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dan menjaga performa fisik Anda.

Mengatasi dehidrasi

Minum jus, air ataupun cairan yang mengandung kalori lainnya dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga dapat memberikan energi pada tubuh. Ketika tubuh sudah merasa lebih baik dan nafsu makan sudah kembali seperti semula, jagalah keseimbangan makanan padat dan minuman agar tubuh dapat menerima nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dehidrasi.
  • Konsumsilah es krim, potongan buah yang dibekukan, atau es loli untuk melembapkan mulut yang kering.
  • Minumlah minuman yang sehat seperti air putih, sayuran, jus buah, madu, minuman yang mengandung gula rendah, atau teh herbal.
  • Cobalah makan buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka.
  • Tempelkan kain basah pada tubuh terutama pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut.
  • Kurangi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, atau demam.
  • Oleskan lip balm pada bibir yang kering.
  • Letakkan pendingin, es, dan minuman sehat dengan jarak yang dekat supaya tubuh mendapatkan kondisi yang lebih nyaman.


Hubungi dokter jika tubuh mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini:
  • Muntah, diare atau demam yang berlangsung selama lebih dari 24 jam
  • Warna urin yang sangat gelap
  • Ketidakmampuan tubuh untuk buang air kecil banyak selama lebih dari dua belas jam
  • Pusing atau merasa pening ketika berdiri
  • Meningkatnya denyut jantung

Jadi, air putih adalah minuman paling sehat yang bisa Anda pilih untuk menjaga jumlah cairan tubuh tetap optimal. Air putih tidak mengandung kalori, tidak mengandung zat tambahan, dan sangat baik untuk hidrasi.

Share Jika Bermanfaat..!!

Diambil Dari Berbagai Sumber.

Related Post