Arti Kode Jari Tosser Pada Bola Voli


Untuk menghasilkan sebuah serangan atau pertahanan yang baik dalam permainan bola voli, diperlukan kerjasama yang baik pula dari semua pemain. Kunci permainan bola voli ada di seorang pengumpan/tosser, oleh karena itu, seorang tosser dituntut untuk kreatif ketika pertandingan sedang berlangsung. Biasanya seorang tosser memiliki kode tertentu dalam memberikan umpan atau dalam mengantisipasi serangan lawan. Kali ini kita akan membahas tentang Apa Rti Kode Jari Tosser Pada Bola Voli.

Pada setiap pertandingan bola voli, pasti anda pernah atau sering melihat antar pemain memberi kode dengan 1 jari, 2 jari atau jari melingkar (=nol). Kode ini sudah baku secara nasional,internasional atau setiap regu punya arti masing. 

Berikut beberapa kode jari tosser yang biasa dipergunakan :
  1. Meluruskan jari tengah dan telunjuk: 2 org yg disamping tosser siap siap menggunakan teknik "smash-pass" tipuan
  2. Membuat angka nol: digunakan ke pemain belakang agar menahan hasil servis dgn langsung pass ke org yang mgasih kode
  3. 1 jari (telunjuk): oper ke org yg ngasih kode
  4. Jempol dan kelingking: tukar gaya servis
  5. Telunjuk dan jempol dengan jempol tangan kanan/ kiri: berikan servis atau smash kearah pemain belakang kanan/kiri
  6. Tangan seperti menekan ke bwh: biarkan bola

Dan masih banyak lagi kode yang bisa kita gunakan. Beberapa dari kode tersebut, tentunya menuntut suatu teknik andalan kami seperti "smash-pass" dll.

Semoga dengan informasi salah satu dari teknik diats, yaitu suatu teknik mengarahkan bola kearah pe-smash kedua,pe-smash pertama akan melompat di ikuti kedua lalu melakukan pass di udara lalu disambut dgn smash kedua, ini akan menyebabkan blok dari lawan gagal, karena ketika pemblok smash sudah kembali turun, smash dilakukan, jadi smash menjadi lebih susah di hentikan. Mungkin susah membayangkan, harus praktek. Ada juga duo smash, smash yang dilakukan 2 org bersama-sama dengan jenis umpan yang berbeda, dan masih banyak lagi. 
Memang untuk permulaan akan terasa cukup sulit, bahkan dalam melakukan praktek vareasi sering terjadi tabrakan akibat salah pengertian. Tetapi apabila serng berlatih dan sering dilakukan, maka vareasi akan berjalan dengan baik dan mejadikan sebuah permainan yang sangat indah untuk di tonton. 

Catatan : Setiap tim memiliki kode jari yang berbeda-beda atau bisa di sebut kode rahasia sebuah tim. 

Demikian penjelasan tentang Arti Kode Jari Tosser Pada Bola Voli, semoga menambah wawasan dan menjadikan tim bertambah solid. Sehingga menjadikan sebuah permainan bola voli yang indah dan menghibur para penonton.

Share Jika Bermanfaat...!!

Related Post