Tips Menjadi Seorang Tosser Yang Hebat dan Handal


Seorang tosser adalah kunci kesuksesan dalam sebuah permainan bola voli, karena seorang tosser merupakan pemain yang sangat vital dalam permainan bola voli. Seorang tosser harus senang berada dalam posisi ini, karena menjadi seorang tosser yang hebat tidak lah semudah yang dibayangkan. Untuk menjadi seorang tosser/pengumpan yang hebat, diperlukan latihan yang keras dan rajin serta mempunyai keuletan.

Tugas utama seorang tosser adalalah memberi umpan kepada smasher agar dapat melakukan serangan melalui smash yang tajam dan mematikan. Maka seorang tosser harus memiliki keahlian passing bawah maupun atas yang cukup bagus, tetapi pada umumnya untuk menjadi tosser yang lebih ditekankan adalah kemampuan passing atas yang cukup bagus.

Maka dari itu agar memiliki kemampuan passing atas yang cukup bagus seorang tosser harus memiliki metode latihan yang cukup tepat, baik dan disiplin terutama latihan kekuatan otot jari dan lengan.

Berikut ini merupakan metode latihan Tosser yang cukup baik untuk dicoba:
  1. Memantulkan bola dengan pasing atas ke tembok secara berulang-ulang agar menemukan posisi bola yang tepat pada telapak/jari-jari tangan.
  2. Melatih passing atas menggunakan bola basket, karena bola basket lebih berat dari bola voli, jadi membuat kuat jari-jari kita.
  3. Melakukan Push-Up dengan jari agar jari kita menjadi kuat.
  4. Melatih pergelangan tangan dengan cara mengisi botol kaca bekas dengan pasir lalu kita gerakan dengan pergelangan tangan saja agar membuat pergelangan tangan kita kuat pergelangan tangan digunakan agar umpan kita bisa stabil,dan memudahkan melakukan umpan seperti bola;street, pul, open dsb.
  5. Melatih kelincahan juga sangat penting bagi seorang tosser untuk mengejar bola jika passing kurang sempurna melatih kelincahan dapat dilakukan dengan cara lompat tali
  6. Melatih feeling sangat penting, agar dapat mengumpan dengan tepat.

Demikian penjelasan tentang Tips Menjadi Seorang Tosser Yang Hebat dan Handal. Semoga dengan tips di atas dapat membantu teman-teman dalam menjalankan program latihan dengan baik. Dan menjadikan anda seorang tosser yang hebat. Selamat mencoba.

Share Jika Bermanfaat,..!!

Sumber : melintangcakrawala.blogspot.co.id

Related Post