Bank SumselBabel Menangi Duel Sengit Melawan BNI Taplus

Palembang Bank SumselBabel memenangi pertarungan sengit melawan Jakarta BNI Taplus. (Bernard Wijayaka/PBVSI)
Sudah dua pertandingan sengit tersaji di sektor putra pada kompetisi bola voli Proliga 2017. Terbaru, Palembang Bank SumselBabel (BSB) yang butuh drama lima set untuk memenangi pertarungan melawan Jakarta BNI Taplus dengan skor 3-2 (25-21 23-25, 25-27, 25-22, 15-11) di GOR Ken Arok, Malang, Sabtu (28/1).

Sebelumnya pada hari pertama Seri 1 Putaran Pertama, Jumat (27/1), Jakarta Elektrik PLN dipaksa susah payah menang 3-2 atas Batam Sindo BVN. Kali ini, tren laga ketat kembali harus dilakoni BSB dan BNI Taplus. Padahal, pada laga ini BNI Taplus belum menurunkan dua legiun asingnya, Igor Iuri Nascimento (Brasil) dan Nenad Sormaz (Serbia) yang urusan administrasinya belum rampung. 

Tak cuma itu, Pelatih Joao Eduardo de Paula juga belum bisa mendampingi tim. Posisinya diisi oleh asisten pelatih, Teddy Hidayat. Meski begitu, gabungan amunisi senior dan junior yang menghuni BNI Tapus ternyata tetap mampu mengimbangi perlawanan BSB.

Setelah tertinggal 21-25 pada set pertama, Didi Irwadi dan kawan-kawan mampu membalikkan kedudukan menjadi unggul 2-1 melalui kemenangan 25-23 serta 27-25 pada set kedua dan ketiga. Namun, BSB memaksa pertandingan harus ditentukan melalui set kelima setelah mampu menyamakan skor 2-2 dengan kemenangan 25-22 pada set keempat.

Dari skor yang tersaji, terlihat jelas bahwa duel kedua tim begitu alot dan sengit. Tak ada yang satu set pun bagi kedua tim yang diakhiri dengan angka di bawah 20. Sial bagi BNI taplus, pada akhirnya BSB yang keluar sebagai pemenang karena mampu unggul 15-11 pada set kelima. BSB akhirnya menang 3-2.

Teddy Hidayat tak memungkiri bahwa ketiadaan dua pemain asing pada seri di Malang membuat timnya harus memutar otak lebih keras untuk bisa tampil optimal. "Kami memang lemah di dalam melakukan serangan. Tak ada pemain asing juga sangat berpengaruh. Mudah-mudahan di Palembang kami sudah diperkuat pemain asing," ucap Teddy seusai laga.

Di sisi lain, Pelatih BSB, Samsul Jais, masih kurang puas meski berhasil meraih kemenangan pada laga perdana di Proliga 2017. Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan jika tak ingin kesulitan serupa terjadi pada laga-laga selanjutnya.

"Saya puas dengan permainan anak-anak di lapangan. Meski begitu, perlu pembenahan soal servis dan receive. Tadi banyak bola servis kami mengarah ke libero sehingga lawan mampu membangun serangan dan kami kesulitan melakukan receive," urai Samsul Jais.

Samsul Jais hanya punya waktu sehari untuk memperbaiki kelemahan itu. Pasalnya pada Minggu (29/1), Batam Sindo BVN sudah siap membuat kejutan. Sementara, BNI Taplus baru akan bertanding lagi pada Seri 2 di Palembang, melawan Jakarta Elektrik PLN, Sabtu (4/2) dan Surabaya Bhayangkara Samator pada Minggu (5/2).

Sumber : jawapos.com

Related Post